Posted by : Unknown Senin, 08 Juli 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SD
Mata Pelajaran          : Pend. IPS
Kelas/Semester         : 1/II

A.     Standar Kompetensi:
Mendeskripsikan lingkungan rumah

B.     Tema        : peristiwa penting
KD             : Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri dilingkungan keluarga

C.      Indikator:
a.   Kognitif:
Hasil :
·         mendefinisikan pengertian / arti dari peristiwa penting
·         menyebutkan peristiwa penting yang pernah dialami
·         menuliskan peristiwa penting (pengalaman berharga) yang pernah dialami dilingkungan keluarga
Produk
·         membuat sebuah karya tulis seperti karangan atau cerita pendek  tentang peristiwa penting dilingkungan keluarga

b.   Afektif:
Karakter:
·        Keberanian
Sosial:
·         Interaksi

c.    Psikomotor:
·         memelihara dan menjaga dokumen atau benda berharga yang berhubungan dengan peristiwa penting yang pernah dialami
·         menjadikan peristiwa tersebut sebagai suatu pengalaman yang berkesan dalam hidupnya

D.     Tujuan Pembelajaran
a.   Kognitif:
Proses:
·         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian peristiwa penting, siswa diharapkan mampu memahami dan menyimpulkan pengertian/ dari peristiwa penting .
·         Setelah memahami pengertian dari peristiwa penting maka siswa diharapkan mampu menyebutkan dan menuliskan peristiwa penting yang pernah dialami sendidri.
Produk
·         Setelah mampu menyebutkan dan menuliskan pengalaman/peristiwa yang pernah dialami, siswa diharapkan mampu membuat sebuah karya tulis berupa karangan atau cerita pendek dengan tema peristiwa penting yang pernah dialami


b.   Afektif:
Karakter:
·        Selama proses pembelajaran melalui metode presentasi, siswa diharapkan mempunyai keberanian untuk berkomunikasi dengan orang banyak melaui .
 Sosial:
·         Selama proses pembelajaran melalui metode presentasi, siswa diharapkan dapat berinteraksi dengan teman-temannya padasaat menunjukkan dokumennya.
c.    Psikomotor:
·         Melalui persentasi didepan kelas, siswa diharapkan dapat menujukkan unjuk kerjanya dalam bentuk penyajian  laporan hasil kerja tentang peristiwa penting yang pernah dialami di depan kelas dengan benar
·         Setelah mengikuti seluruh proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menghargai suatu peristiwa sebagai suatu kenangan yang berharga

E.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian peristiwa
Peristiwa adalah suatu kejadian yang pernah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Peristiwa penting adalah suatu peristiwa yang berkesan dan mempunyai arti penting bagi seseorang.
2.      Contoh-contoh peristiwa penting di lingkungan keluarga dalah seperti kelahiran adek, ulang tahun, lebaran bersama keluarga, merayakan tahun baru, merayakan natal dan lain-lain

F.      Alokasi Waktu
·         2 JP (2 x 35 menit atau dua kali pertemuan)

G.     Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan Pembelajaran
·         Konstruktivistik
2.     Strategi Pembelajaran
·         Strategi pembelajaran berorientasi pada siswa
3.     Metode Pembelajaran
·         Presentasi
·         Picture & picture

H.    Skenario Pembelajaran

Pert
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber/ Media/Alat
Alokasi Waktu
1
Awal
·      Guru membimbing siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai, selanjutnya dilakukan dengan mengecek kehadiran siswa (absen)
·      Selanjutnya guru memeriksa kesiapan belajar siswa dengan mengecek peralatan belajar yang dibawa oleh siswa
·      Memberikan acuan belajar dengan cara menjelaskan kompetensi yang diharapkan (tujuan pembelajaran) dan sekali waktu merangsang siswa untuk bertanya.
·         Bahan Ajar IPS kelas 1 Semester II
·         KTSP,
·         Buku IPS SD kelas1



15 Menit
Inti
·      Guru menjelaskan secara singkat tentang peristiwa penting serta memberikan gambaran dan contoh-contohnya kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
·      Selanjutnya guru merangsang siswa untuk menyebutkan peristiwa penting yang pernah dialami dan menulisnya
·      Guru berusaha meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan cara memberikan kata-kata pujian untuk hasil pemikiran siswa.

40 menit
Akhir
·      Guru  melaksanakan evaluasi dengan mengajukan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui daya serap siswa
·      Meminta komentar siswa tentang materi yang dibahas dan memberikan umpan balik serta memberikan rangkuman
·      Merancang untuk mengadakan review dengan memberikan tugas kepada siswa untuk membawa dokumen atau benda yang berhubungan dengan peristiwa penting yang pernah dialami
Daftar Pertanyaan

15 Menit
2.



































Awal
·     Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran. Selanjutnya dilakukan absen dan menanyakan kesiapan belajar siswa
·     Guru memusatkan perhatian siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang muatan materi minggu lalu dan berusaha membangkitkan kepercayaan diri siswa dengan memberikan penguatan atas jawaban siswa
·     Selajutnya guru menanyakan tugas yang pada minggu sebelumnya tersebut (membawa dokumen atau benda yang berhubungan dengan peristiwa penting yang pernah dialami) sudah dibawa atau tidak.
·         Bahan Ajar IPS kelas 1 Semester II
·         KTSP,
·         Buku IPS SD kelas1
·         LKS IPS SD Kelas 1

15  Menit
Inti
·     Kurang lebih 10 menit, Guru memberikan review singkat tentang materi peristiwa penting untuk memperkuat pemahaman siswa.
·     Guru memberikan tugas kepada siswa membuat sebuah karangan singkat tentang peristiwa yang pernah dialami berdasarkan dokumen atau benda yang dibawa.
·     Setelah siswa selesai mengerjakan tugas yang diberikan, siswa mengumpulkan lembar kerjanya (karangan yang sudah dibuat)

40 menit
Akhir
·       Guru  melaksanakan evaluasi dengan mengajukan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui daya serap siswa
·     Guru memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran pada hari itu.
Daftar Pertanyaan
15 Menit
3.





















Awal
·       Guru mengajak siswa untuk  berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dan dilanjutkan mengecek kehadiran siswa (absen).
·       Selanjutnya guru memeriksa kesiapan belajar siswa seperti buku acuan yang mereka punya.
·      
·         Bahan Ajar IPS kelas 1 Semester II
·         KTSP,
·         Buku IPS SD kelas1
·         LKS IPS SD Kelas 1
15 menit
Inti
·     Guru memanggil nama siswa satu persatu untuk membaca dan mepresentasikan hasil kerja (karangan singkat) yang sudah dibuat pada pertemuan minggu lalu didepan kelas.
·     Guru berusaha meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan cara memberikan pujian tentang cerita yang sudah dipresentasikan didepan kelas tersebut.

40 menit
Akhir
·     Guru memberikan penilaian atas hasil kerja dan persentasi siswa

15 menit
4.
Awal
·       Guru mengajak siswa untuk  berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dan dilanjutkan mengecek kehadiran siswa (absen).
·       Selanjutnya guru memeriksa kesiapan belajar siswa seperti buku acuan yang mereka punya.

15 menit
Inti
·         Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang peristiwa guru melakukan evaluasi dengan bermain picture & picture.
·         Sebelumnya guru telah mempersiapkan LKS bergambar yang akan digunakan dalam evaluasi berdasarkan tema.
·         Selanjutnya siswa secara individu menyelesaikan LKS yang sudah dibagikan sesuai cara kerja yang sudah ditentukan.

40 menit
Akhir
·         Siswa mengumpulkan LKS dan guru meberikan penilaian.

15 menit

I.       Evaluasi
1.      Non tes
-          Penilaian produk
-          Penilaian performance (persentasi)
2.      Tes
·         Tes tertulis dalam bentuk gambar-gambar

(Instrumen terlampir)

J.        Sumber/Media/ Alat
·         Sumber     : LKS Bahan Ajar IPS kelas 1 Semester II, KTSP, Buku IPS SD kelas1, LKS IPS SD Kelas 1




Mataram,.................... 2011
Mengetahui                                                    Guru Kelas
Kepala SD



..............................................                          ................................................
NIP                                                                  NIP





Lampiran I. Instrumen Evaluasi;

1.      Evaluasi Produk (berupa hasil belajar siswa)
a.       Menyusun Kisi-Kisi



Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok/KD   : peristiwa penting
Kelas/Semester      :1/II



Variabel
Indikator
Sub Indikator
Produk hasil belajar berupa karangan/ cerita
Tema
·         Sesuai KD/Materi
·         Menarik
Sumber
·         Sesuai dengan tema
Penyajian karangan
·         Kreatif
·         Tertata dengan seni dan rapi





b.      Menyusun Instrumen


Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetauan Sosial
Materi Pokok/KD   : Peristiwa penting
Kelas/Semester      : 1/II



Petunjuk Pengisian: Guru mengisi lembar penilaian sesuai dengan kondisi sebenarnya dan berdasarkan rubrik yang ditetapkan

No
Item Penilaian
Hasil
Ya
Tidak
1
Apakah tema belajar  sesuai dengan kompetensi dasar/materi pelajaran?


2
Apakah tema belajar yang ditentukan siswa menarik untuk dikaji?


3
Apakah sumber belajar sesuai dengan tema yang yang ditetapkan?


4
Apakah penyajian (tema, sumber belajar, komentar) tersusun secara kreatif dan sistematis?


10
Apakah penyajian (tema, sumber belajar, komentar) tersusun atau ditata dengan rapi dan seni?


Jumlah


Capaian (%)



Karena option evaluasi produk dalam bentuk dikotomi (ya dan tidak), maka tidak dilanjutkan dengan penyusunan rubrik, kecuali jika optionnya dalam bentuk rating scale



























2.      Evaluasi Proses (Performance siswa selama kerja kelompok dan presentasi)
a.       Kisi-Kisi Instrumen


Mata Pelajaran       : Ilmu pengetahuan sosial
Materi Pokok/KD   : peristiwa penting
Kelas/Semester      :1/II


Variabel
Indikator
Sub Indikator

Proses berupa aktivitas presentasi/ bercerita didepan kelas

Aktivitas dalam presentasi/ bercerita

·         Perhatian diarahkan pada materi presentasi
·         Bertanya
·         Mendengarkan dengan aktif
·         Menghargai cerita teman
·         Bercerita dengan jelas dan dapat dimengerti oleh teman-temannya
·         Keberanian diri untuk menceritakan hasil karangannya didepan kelas.






















b. Menyusun Instrumen

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok             : Peristiwa Penting
Nama Siswa               : .....................................

Petunjuk Pengisian:
Amatilah aktivitas siswa selama proses pembelajaran . Isilah lembar pengamatan dengan prosedur sebagai berikut:
1.      Pengamat dalam melakukan pengamatan duduk di tempat yang mungkin dapat melihat semua aktivitas siswa.
2.      Setiap 150 detik, pengamat melakukan aktivitas pengamatan aktivitas siswa yang dominan, dan 30 detik berikutnya pengamat menulis hasil pengamatan.

No
Aspek Pengamatan
Capaian
Ya
Tidak
1
Apakah siswa aktif pada saat bercerita dan mendengarkan cerita temannya?


a.       Bertanya


b.      Mendengarkan dengan aktif


c.       Menghargai cerita teman


d.      Bercerita dengan jelas dan dapat dimengerti


e.       Keberanian diri untuk mempresentasikan hasil karangannya


Total


Capaian (%)















{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Casino Site in Spain
    Casino Site in Spain — Casino Site in Spain. What is the best luckyclub place for online casino? Popular gambling platforms such as the casino,  Rating: 3.3 · ‎2 votes

    BalasHapus

- Copyright © My Life - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -