- Back to Home »
- RPP SD »
- RPP IPS
Posted by : Unknown
Senin, 08 Juli 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Pend.
IPS
Kelas/Semester : 1/II
A. Standar Kompetensi:
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
B. Tema : peristiwa penting
KD : Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri
dilingkungan keluarga
C.
Indikator:
a. Kognitif:
Hasil :
·
mendefinisikan pengertian / arti dari peristiwa penting
·
menyebutkan peristiwa penting yang pernah dialami
·
menuliskan peristiwa penting (pengalaman berharga) yang pernah dialami
dilingkungan keluarga
Produk
·
membuat sebuah karya tulis seperti karangan atau cerita pendek tentang peristiwa penting dilingkungan
keluarga
b. Afektif:
Karakter:
·
Keberanian
Sosial:
·
Interaksi
c. Psikomotor:
·
memelihara dan menjaga dokumen atau benda berharga yang berhubungan
dengan peristiwa penting yang pernah dialami
·
menjadikan peristiwa tersebut sebagai suatu pengalaman yang berkesan
dalam hidupnya
D. Tujuan Pembelajaran
a. Kognitif:
Proses:
·
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian peristiwa
penting, siswa diharapkan mampu memahami dan menyimpulkan pengertian/ dari
peristiwa penting .
·
Setelah memahami pengertian dari peristiwa penting maka siswa diharapkan
mampu menyebutkan dan menuliskan peristiwa penting yang pernah dialami
sendidri.
Produk
·
Setelah mampu menyebutkan dan menuliskan pengalaman/peristiwa yang pernah
dialami, siswa diharapkan mampu membuat sebuah karya tulis berupa karangan atau
cerita pendek dengan tema peristiwa penting yang pernah dialami
b. Afektif:
Karakter:
·
Selama proses pembelajaran melalui
metode presentasi, siswa diharapkan mempunyai keberanian
untuk berkomunikasi dengan orang banyak melaui .
Sosial:
·
Selama proses pembelajaran melalui
metode presentasi, siswa diharapkan dapat berinteraksi dengan
teman-temannya padasaat menunjukkan dokumennya.
c. Psikomotor:
·
Melalui
persentasi didepan kelas, siswa diharapkan dapat menujukkan unjuk kerjanya
dalam bentuk penyajian laporan hasil
kerja tentang peristiwa penting yang pernah dialami di depan
kelas dengan benar
·
Setelah
mengikuti seluruh proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menghargai suatu peristiwa
sebagai suatu kenangan yang berharga
E.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian peristiwa
Peristiwa adalah
suatu kejadian yang pernah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Peristiwa
penting adalah suatu peristiwa yang berkesan dan mempunyai arti penting bagi
seseorang.
2. Contoh-contoh
peristiwa penting di lingkungan keluarga dalah seperti kelahiran adek, ulang
tahun, lebaran bersama keluarga, merayakan tahun baru, merayakan natal dan
lain-lain
F.
Alokasi Waktu
·
2 JP (2 x 35 menit atau dua kali pertemuan)
G. Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
·
Konstruktivistik
2.
Strategi Pembelajaran
·
Strategi
pembelajaran berorientasi pada siswa
3.
Metode Pembelajaran
·
Presentasi
·
Picture & picture
H. Skenario
Pembelajaran
Pert
|
Tahapan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Sumber/
Media/Alat
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Awal
|
·
Guru membimbing siswa
untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai, selanjutnya dilakukan dengan mengecek
kehadiran siswa (absen)
·
Selanjutnya
guru memeriksa kesiapan belajar siswa dengan mengecek peralatan belajar yang
dibawa oleh siswa
·
Memberikan
acuan belajar dengan cara menjelaskan kompetensi yang diharapkan (tujuan
pembelajaran) dan sekali waktu merangsang siswa untuk bertanya.
|
·
Bahan Ajar
IPS kelas 1 Semester II
·
KTSP,
·
Buku IPS SD kelas1
|
15 Menit
|
Inti
|
· Guru menjelaskan secara
singkat tentang peristiwa penting serta memberikan gambaran dan contoh-contohnya kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
· Selanjutnya guru
merangsang siswa untuk menyebutkan peristiwa penting yang pernah dialami dan
menulisnya
· Guru berusaha meningkatkan
kepercayaan diri siswa dengan cara memberikan kata-kata pujian untuk hasil
pemikiran siswa.
|
40 menit
|
||
Akhir
|
· Guru melaksanakan evaluasi dengan mengajukan
pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui daya serap siswa
· Meminta komentar siswa
tentang materi yang dibahas dan memberikan umpan balik serta memberikan
rangkuman
· Merancang untuk mengadakan review dengan memberikan tugas kepada siswa untuk membawa dokumen
atau benda yang berhubungan dengan peristiwa penting yang pernah dialami
|
Daftar Pertanyaan
|
15 Menit
|
|
2.
|
Awal
|
·
Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran. Selanjutnya
dilakukan absen dan menanyakan
kesiapan belajar siswa
·
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang muatan materi
minggu lalu dan berusaha membangkitkan kepercayaan diri siswa dengan
memberikan penguatan atas jawaban siswa
·
Selajutnya guru menanyakan tugas yang pada minggu sebelumnya tersebut (membawa dokumen atau benda
yang berhubungan dengan peristiwa penting yang pernah dialami) sudah dibawa
atau tidak.
|
·
Bahan Ajar
IPS kelas 1 Semester II
·
KTSP,
·
Buku IPS SD kelas1
·
LKS IPS SD Kelas 1
|
15 Menit
|
Inti
|
·
Kurang
lebih 10 menit, Guru memberikan review singkat tentang materi peristiwa
penting untuk memperkuat pemahaman siswa.
·
Guru memberikan tugas kepada siswa membuat sebuah karangan singkat
tentang peristiwa yang pernah dialami
berdasarkan dokumen atau benda yang dibawa.
·
Setelah siswa selesai mengerjakan tugas yang diberikan, siswa mengumpulkan lembar kerjanya (karangan yang
sudah dibuat)
|
40 menit
|
||
Akhir
|
· Guru melaksanakan evaluasi dengan mengajukan
pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui daya serap siswa
· Guru memberikan
kesimpulan dari materi pembelajaran pada hari itu.
|
Daftar Pertanyaan
|
15 Menit
|
|
3.
|
Awal
|
·
Guru
mengajak siswa untuk berdoa sebelum
kegiatan pembelajaran dimulai, dan dilanjutkan mengecek kehadiran siswa
(absen).
·
Selanjutnya
guru memeriksa kesiapan belajar siswa seperti buku acuan yang mereka punya.
·
|
·
Bahan Ajar
IPS kelas 1 Semester II
·
KTSP,
·
Buku IPS SD kelas1
·
LKS IPS SD Kelas 1
|
15 menit
|
Inti
|
· Guru memanggil nama
siswa satu persatu untuk membaca dan mepresentasikan hasil kerja (karangan
singkat) yang sudah dibuat pada pertemuan minggu lalu didepan kelas.
·
Guru berusaha meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan cara memberikan pujian tentang cerita yang sudah
dipresentasikan didepan kelas tersebut.
|
40 menit
|
||
Akhir
|
· Guru memberikan
penilaian atas hasil kerja dan persentasi siswa
|
15 menit
|
||
4.
|
Awal
|
·
Guru
mengajak siswa untuk berdoa sebelum
kegiatan pembelajaran dimulai, dan dilanjutkan mengecek kehadiran siswa
(absen).
·
Selanjutnya
guru memeriksa kesiapan belajar siswa seperti buku acuan yang mereka punya.
|
15 menit
|
|
Inti
|
·
Untuk
meningkatkan pemahaman siswa tentang peristiwa guru melakukan evaluasi dengan
bermain picture & picture.
·
Sebelumnya
guru telah mempersiapkan LKS bergambar yang akan digunakan dalam evaluasi
berdasarkan tema.
·
Selanjutnya
siswa secara individu menyelesaikan LKS yang sudah dibagikan sesuai cara
kerja yang sudah ditentukan.
|
40 menit
|
||
Akhir
|
·
Siswa
mengumpulkan LKS dan guru meberikan penilaian.
|
15 menit
|
I.
Evaluasi
1.
Non tes
-
Penilaian produk
-
Penilaian performance
(persentasi)
2.
Tes
·
Tes tertulis
dalam bentuk gambar-gambar
(Instrumen terlampir)
J.
Sumber/Media/ Alat
·
Sumber :
LKS Bahan Ajar IPS kelas 1 Semester II, KTSP, Buku IPS SD
kelas1, LKS IPS SD Kelas 1
Mataram,.................... 2011
Mengetahui Guru
Kelas
Kepala SD
.............................................. ................................................
NIP NIP
Lampiran I.
Instrumen Evaluasi;
1.
Evaluasi
Produk (berupa hasil belajar siswa)
a.
Menyusun
Kisi-Kisi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok/KD : peristiwa penting
Kelas/Semester :1/II
Variabel
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
Produk
hasil belajar berupa karangan/ cerita
|
Tema
|
·
Sesuai
KD/Materi
·
Menarik
|
Sumber
|
·
Sesuai
dengan tema
|
|
Penyajian karangan
|
·
Kreatif
·
Tertata dengan seni dan rapi
|
b.
Menyusun
Instrumen
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetauan Sosial
Materi Pokok/KD : Peristiwa penting
Kelas/Semester : 1/II
Petunjuk Pengisian: Guru mengisi lembar penilaian sesuai dengan kondisi sebenarnya dan
berdasarkan rubrik yang ditetapkan
No
|
Item Penilaian
|
Hasil
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Apakah tema belajar sesuai dengan kompetensi dasar/materi
pelajaran?
|
||
2
|
Apakah tema belajar yang ditentukan siswa menarik untuk dikaji?
|
||
3
|
Apakah sumber belajar sesuai dengan tema
yang yang ditetapkan?
|
||
4
|
Apakah penyajian (tema, sumber belajar,
komentar) tersusun secara kreatif dan sistematis?
|
||
10
|
Apakah penyajian (tema, sumber belajar,
komentar) tersusun atau ditata dengan rapi dan seni?
|
||
Jumlah
|
|||
Capaian
(%)
|
Karena option evaluasi produk dalam bentuk dikotomi (ya dan tidak), maka
tidak dilanjutkan dengan penyusunan rubrik, kecuali jika optionnya dalam bentuk
rating scale
2. Evaluasi Proses
(Performance siswa selama kerja kelompok dan presentasi)
a.
Kisi-Kisi Instrumen
Mata Pelajaran : Ilmu pengetahuan sosial
Materi Pokok/KD : peristiwa penting
Kelas/Semester :1/II
Variabel
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
Proses berupa aktivitas presentasi/ bercerita didepan kelas
|
Aktivitas dalam presentasi/ bercerita
|
·
Perhatian diarahkan pada materi presentasi
·
Bertanya
·
Mendengarkan dengan aktif
·
Menghargai cerita teman
·
Bercerita dengan jelas dan dapat dimengerti oleh teman-temannya
·
Keberanian diri untuk menceritakan hasil karangannya didepan kelas.
|
b. Menyusun Instrumen
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok : Peristiwa Penting
Nama Siswa :
.....................................
Petunjuk
Pengisian:
Amatilah aktivitas siswa
selama proses pembelajaran . Isilah lembar pengamatan dengan prosedur sebagai
berikut:
1.
Pengamat
dalam melakukan pengamatan duduk di tempat yang mungkin dapat melihat semua
aktivitas siswa.
2.
Setiap 150
detik, pengamat melakukan aktivitas pengamatan aktivitas siswa yang dominan,
dan 30 detik berikutnya pengamat menulis hasil pengamatan.
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Capaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Apakah siswa aktif pada saat
bercerita dan mendengarkan cerita temannya?
|
||
a.
Bertanya
|
|||
b.
Mendengarkan dengan aktif
|
|||
c.
Menghargai cerita teman
|
|||
d.
Bercerita dengan jelas dan dapat dimengerti
|
|||
e.
Keberanian diri untuk mempresentasikan hasil karangannya
|
|||
Total
|
|||
Capaian (%)
|
Casino Site in Spain
BalasHapusCasino Site in Spain — Casino Site in Spain. What is the best luckyclub place for online casino? Popular gambling platforms such as the casino, Rating: 3.3 · 2 votes